Penyelenggaraan SEAPMasters Indonesia Series 2014 Sukses Meningkatkan Gairah Renang di Jakarta & Indonesia

SEAPMasters Indonesia Series - June 1st 2014

Pada tanggal 1 Juni 2014, 1st Indonesia SEAP (South East Asia Pacific) Masters Indonesia Series 2014 sukses digelar di kolam renang Jakarta International School. Lebih dari 325 peserta dari berbagai kota di Indonesia turut berpartisipasi di berbagai kategori umur, termasuk peserta dari beberapa komunitas renang Masters dari Singapura dan Australia. Sebanyak 19 komunitas dari berbagai latar belakang yang aktif dalam olahraga renang menjadi bagian dari inagurasi SEAPmasters Indonesia Series 2014.

Kemenangan bukan tujuan utama yang hendak dicapai oleh para peserta, namun berbagi dan berbaur dengan sesama penggemar olahraga akuatik. Maria Subagyo, seorang instruktor renang dan orangtua perenang, mengungkapkan bahwa alasannya mengikuti kegiatan ini adalah untuk memotivasi teman-temannya agar merasakan suasana kompetisi yang menyenangkan. “Selain itu, saya juga ingin menguji kemampuan di usia saya yang sudah tidak muda lagi,” ujarnya. Di kompetisi ini, Maria turun di tiga kategori lomba yaitu 25 meter gaya punggung, 100 meter gaya ganti perorangan dan 50 meter gaya kupu-kupu.

Peserta lainnya, Harlin Rahardjo, seorang pelari dan perenang, berharap acara serupa dapat diadakan secara rutin di Jakarta dan kota-kota lain. “Saya sangat senang bisa bertemu dengan teman-teman baru dan berkompetisi. Suasananya sangat luar biasa, baik dari para peserta dan penonton. Acara seperti ini harus terus diadakan.”

Dukungan tidak hanya datang dari peserta lokal, tapi juga dari para peserta negara sahabat. Salah satunya adalah Ng Yue Meng, seorang mantan perenang Olimpiade Singapura yang saat ini bernaung di Aquatic Performance Swim Club, yang mengungkapkan kegembiraannya bisa berpartisipasi di dalam Indonesia SEAP Masters Swimming Series. “Untuk bertemu teman-teman baru, untuk tetap sehat, untuk bersenang-sedang dan berjalan-jalan,” ujarnya, ketika ditanya alasannya datang ke Jakarta.

Yue Meng menyambut positif diadakannya acara seperti ini untuk yang pertama kalinya di Indonesia. “Hebat, benar-benar hebat. Begitu banyak perenang dari berbagai kategori, mulai dari mantan perenang dunia, nasional, pelari, triathlon atlit dan mereka yang baru

menjadikan renang sebagai olah raga rutin ikut dalam seri ini. Sangat menyenangkan bisa melihat perenang muda dan tua bergabung untuk sebuah kegiatan yang mempromosikan gaya hidup sehat.”

INAMasters, yang merupakan singkatan dari International Aquatic Masters Swimming, adalah sebuah komunitas yang didirikan pada tahun 2013 dengan tujuan untuk mempromosikan semangat hidup sehat melalui olahraga akuatik bagi masyarakat dewasa. Siapa saja bisa bergabung dan menjadi anggota komunitas asalkan sudah berusia di atas 25 tahun. Gerakan yang sama telah lebih dulu muncul di negara-negara lain, khususnya di Amerika Serikat sejak tahun 1970-an.

Para anggota INAMasters aktif mengikuti berbagai lomba akuatik, baik di dalam negeri dan di luar negeri. Di tahun lalu, misalnya, INAMasters mengirimkan beberapa anggotanya mengikuti Singapore Masters Swimming Championship dan Penang Masters Speedo Championship.

“Renang adalah olahraga untuk semua usia dan semua kalangan. Lewat renang, kita mendapatkan tiga hal: fitnessfriendship dan fun,” ujar Wisnu Wardhana, Executive Head Coach di INAMasters, seorang mantan atlet renang nasional yang memperoleh The Best Athlete Sea Games 1993 dan peraih medali emas kejuaraan dunia hong kong 2000, yang saat ini bekerja di industri perbankan dan keuangan.

Wisnu menjelaskan bahwa SEAPmasters Indonesia bukanlah sebuah kompetisi untuk mengalahkan peserta lainnya namun sebuah wadah untuk mengingatkan semua orang akan pentingnya hidup sehat sampai tua. “Kami berkompetisi melawan diri sendiri untuk tetap sehat,” ujarnya singkat.

Lancarnya pelaksanaan SEAPmasters Indonesia Series 2014 mendapat pengakuan dari banyak pihak. Pada ajang The Best Inspirator Award yang diadakan pada tanggal 8 Juni 2014 oleh Men’s Health and Women’s Health Magazine, INAMasters mendapatkan penghargaan untuk kategori community.

Melihat tingginya animo dan dukungan masyarakat terhadap kegiatan ini, INAMasters bertekad untuk menjalankan kompetisi ini secara rutin tiap tahunnya dan lebih giat dalam mempopulerkan olahraga akuatik. SEAPmasters Indonesia Series terbuka bagi komunitas apapun yang mendukung olahraga renang, dan tidak hanya terbatas pada perkumpulan renang saja. Komunitas tersebut bisa mewakili perusahaan, alumni ataupun perkumpulan hobi lainnya. Semua peserta mendapatkan medali ikursertaan pada acara ini.

Posted in INAMasters, Swim Meet and tagged , .